Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

13 August 2008

Terlihat Muda di Masa Tua ; Kedok Berubah

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin merupakan salah satu Fakultas kedokteran terbesar dan terkemuka di Indonesia Timur. Dalam usaha untuk tetap menjaga kualitas serta eksistensinya sebagai sebuah institusi pendidikan, fakultas kedokteran UNHAS telah melakukan begitu banyak perubahan yang signifikan. Perubahan-perubahan ini terus dilakukan secara berkesinambungan serta secara merata pada berbagai aspek yang ada dalam institusi ini.

Kurikulum Pendidikan

Tahun 2001 menjadi awal dari salah satu perubahan yang dilakukan oleh fakultas kedokteran UNHAS pada bidang pendidikan. Kurikulum pendidikan lama secara sistematis dan bertahap diubah menjadi sebuah kurikulum baru yang begitu menjanjikan. Kurikulum pendidikan lama berorientasi pada sistem pembelajaran satu arah, dengan masa pendidikan pre-klinik selama 4 tahun serta pendidikan klinik selama 2 tahun. Sistem ini masih berbasis pada tiap-tiap bagian yang ada di fakultas kedokteran UNHAS. Sedangkan, kurikulum pendidikan baru mengubah orientasi dan paradigma proses belajar mengajar dari teach base learning menuju student centre learning. Kurikulum ini berbasis pada sistem yang telah dirancang sedemikian rupa dengan beberapa bagian yang terintegrasi di dalam sistem-sistem tersebut. Kurikulum pendidikan yang baru ini juga mengefisiensikan masa pendidikan pre klinik dari 4 tahun, menjadi 3 tahun. Kelebihan serta kekurangan dari sistem pendidikan yang baru ini, masih banyak menimbulkan kontroversi. Hal ini sangatlah wajar mengingat kurikulum ini merupakan kurikulum pendidikan yang baru diterapkan. Berbagai usaha pun telah dilakukan oleh pihak fakultas demi mendukung penyempurnaan kurikulum pendidikan yang baru ini.

Infrastruktur
Selain perubahan pada kurikulum pendidikan, perubahan besar yang juga banyak menarik perhatian kita saat ini adalah perubahan infrastruktur yang ada di fakultas kedokteran UNHAS. Perubahan inilah yang pada beberapa waktu terakhir menjadi pembicaraan hangat di lingkup fakultas kedokteran. Begitu banyak bangunan baru serta sarana pendukung yang didirikan oleh pihak fakultas. Sarana-sarana ini kemudian mendukung kelancaran pelaksanaan kurikulum pendidikan yang berjalan pada fakultas kedokteran UNHAS. Contohnya saja ruangan-ruangan tutorial yang sudah dilengkapi dengan sarana komputer, lengkap dengan LCD untuk memberikan tampilan yang lebih besar. Selain itu, terdapat bangunan baru beserta ruangan-ruangan kelas baru yang didirikan khususnya bagi mahasiswa kelas internasional. Tampilan luar beberapa bangunan ataupun ruangan pada fakultas ini juga mengalami perubahan menjadi lebih indah. Perpustakaan serta ruangan laboratorium komputer yang memungkinkan mahasiswa untuk mencari informasi atau bahan-bahan kuliah juga telah disempurnakan serta terus dilengkapi. Dibentuknya sebuah unit penelitian pada fakultas ini juga menjadikan fakultas kedokteran UNHAS menjadi sebuah fakultas yang berani tampil beda dan berusaha mengembangkan kemampuan mahasiswa maupun dosen-dosennya di bidang yang kurang banyak diminati, yakni penelitian.
Tidak hanya sarana pendukung formal tadi, pada halaman-halaman fakultas kedokteran juga telah disediakan tempat-tempat duduk yang nyaman untuk melakukan proses-proses diskusi maupun belajar mandiri.
Selain itu, pihak fakultas juga menyadari bahwa lingkungan tempat kita berada secara tidak langsung memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap proses-proses yang kita jalani tiap harinya, hal ini berujung pada penataan lingkungan fakultas yang cukup asri. Beberapa sudut fakultas telah dipenuhi oleh tumbuh-tumbuhan hijau serta tanaman-tanaman hias dengan bunga warna-warni yang bermekaran. Kolam-kolam ikan juga telah berdiri dengan rapi agar lebih menghidupkan suasana alamiah pada fakultas ini. Keindahan sekelompok burung merpati yang terbang kesana-kemari pada lingkungan fakultas juga menjadi bagian yang cukup menarik pada lingkungan fakultas sekarang ini. Suasana malam pada fakultas kedokteran yang dulunya gelap gulita, berubah menjadi suasana malam yang terang benderang dengan hadirnya beberapa lampu hias di pinggir-pinggir taman.
Meskipun pada kenyataannya masih banyak energi yang dibutuhkan pada urusan-urusan lain, perubahan lingkungan ini tentunya memiliki tujuan yang cukup baik, tetapi diharapkan perubahan ini tidak membuat pihak fakultas kemudian sibuk untuk mengurusi hal-hal yang kurang bersifat fundamental terhadap fakultas.

Sistem Teknologi Informasi
Salah satu keistimewaan fakultas kedokteran UNHAS yang hingga saat ini masih terus dikembangkan adalah sistem teknologi informasi. Diawali dengan berdirinya sebuah laboratorium komputer tepatnya pada lantai tiga student centre yang mampu memfasilitasi mahasiswa dalam hal pencarian informasi melalui dunia internet. Kemudian dikembangkan menjadi sebuah sistem informasi yang memberikan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk dapat mengakses jaringan internet secara leluasa pada beberapa titik di lingkungan fakultas. Hanya dengan mendaftarkan notebook mereka pada pusat sistem informasi fakultas tepatnya pada lantai tiga fakultas kedokteran UNHAS, mahasiswa maupun dosen telah bisa mengakses internet dengan bebas di lingkungan fakultas tanpa perlu bertandang ke laboratorium komputer ataupun warung-warung internet.

No comments: